Membuat Input Data dan Database MS Acces

Pernahkah anda mendapat tugas untuk mencatat data-data siswa yang meliputi, Nama, NIS, Alamat dan lain-lain. Mungkin ini hal yang mudah bagi anda untuk mencatatkanya pada buku absensi, tetapi apabila jumlah siswanya ratusan bahkan ribuan mungkin tangan akan terasa pegal juga, apalagi harus mengurutkan secara alfabetis belum lagi ketika akan mencari sebuah nama, berapa kali anda harus membolak balikan lembaran kertas ke kanan dan kekiri. Contoh Aplikasi Database ini adalah solusinya, anda hanya mengetikanya saja secara acak dan dengan sendirinya data akan tertata serta proses pencarianya pun sudah dilengkapi dengan search engine. Selain itu data juga bisa dilengkapi dengan password keamanan.

Langkah-langkah pembuatan Aplikasi Database adalah sebagai berikut.
1. Buat project baru dengan MS Visual Basic.Net simpan pada drive


2. Siapkan 3 buah TextBox, 4 buah Label dan 1 buah Button. Design form seperti gambar dibawah ini


3. Buka MS Acces 2003 buat file baru dengan nama " db1 ". Simpan pada folder project VB.Net anda, yaitu pada folder Bin > Debug


4. Buat koneksi dengan Database. Tambahkan 1 buah module, pilih pada toolbar Project > Add Module. Copy paste kode dibawah ini.

Imports System.Data.OleDb
Module Module1
    Public Conn As OleDbConnection
    Public da As OleDbDataAdapter
    Public ds As DataSet
    Public cmd As OleDbCommand
    Public rd As OleDbDataReader
    Public str As String

    Public Sub Koneksi()
        str = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=db1.mdb"
        Conn = New OleDbConnection(str)
        If Conn.State = ConnectionState.Closed Then
            Conn.Open()
        End If
    End Sub
End Module


Aplikasi ini dapat memudahkan kita dalam menyimpan dan memelihara database. Selanjutnya kita tinggal menambahkan source kode cara menampilkan data dari database ke Form.
Source kode lengkap beserta aplikasi dapat diunduh disini. 
 
Download Source Kode Input Data ke Database



Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Input Data dan Database MS Acces dan anda bisa menemukan artikel Membuat Input Data dan Database MS Acces ini dengan url http://vibier.blogspot.com/2013/04/membuat-input-data-dan-database-ms-acces.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Membuat Input Data dan Database MS Acces ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Membuat Input Data dan Database MS Acces sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar